All for Joomla All for Webmasters

Tanya Jawab

Berikut adalah pertanyaan sering muncul mengenai Gerakan Tanimbar Mengajar. Apabila Anda tidak menemukan jawaban dari pertanyaan yang ingin Anda tanyakan, dapat menghubungi kami melalui kontak yang tertera pada website.

Tentang Gerakan Tanimbar Mengajar

1. Apa itu Gerakan Tanimbar Mengajar?

Merupakan gerakan mengajar yang lahir atas inisiatif aktor lokal di Maluku Tenggara barat, khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Gerakan ini merupakan gerakan independen yang bermitra dengan Dinas Pendidikan Maluku tenggara Barat. Gerakan ini lahir karena terinspirasi oleh kehadiran Gerakan Indonesia Mengajar di Maluku Tenggara barat  yang telah menjadi secercah harapan dalam kemajuan pendidikan MTB. Visi dari gerakan ini adalah “Tanimbar Cerdas dan Maju Melalui Pendidikan Berkualitas”. Bertujuan merekrut tenaga ajar berkualitas yang tersebar merata diseluruh wilayah kabupaten Maluku Tenggara Barat. Dan ditempatkan dibeberapa sekolah model untuk meningkatkan kualitas sekolah.

2. Apa yang menjadi fokus dan tujuan gerakan ini?

Fokus kegiatan Gerakan Tanimbar Mengajaradalah merekrut, menyeleksi dan melatih pemuda-pemudi terbaik bangsa dari berbagai latar belakang keilmuan untuk ditugaskan mengajar di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan melakukan advokasi pendidikan selama satu tahun di desa-desa yang telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Maluku Tenggara Barat. Gerakan ini menjadi wahana belajar kepemimpinan bagi Penggerak Tanimbar serta pemantapan sekolah model.

3. Mengapa GTM tidak hanya fokus di sekolah dasar, tetapi juga di SMP dan SMA?

GTM percaya bahwa pendidikan dasar merupakan tahapan awal yang sangat menentukan bagi perkembangan seseorang. Jenjang pendidikan dasar merupakan langkah awal yang sangat menentukan bagi kualitas masa depan seseorang. Oleh karena itu, kualitas guru pendidikan dasar sangat memengaruhi hal tersebut. Namun tidak hanya itu, dengan GTM kualitas sekolah model di semua jenjang SD, SMP, dan SMA dapat meningkat dan kulaitasnya merata.

4. Siapakah pendiri GTM?

GTM lahir atas inisiatif Dinas Pendidikan Maluku Tenggara barat yang saat itu dipimpin oleh Holmes N Matruty yang terinspirasi atas kehadiran gerakan Indonesia Mengajar di MTB. Dinas Pendidikan MTB bersama PM VIII GTM melakukan persiapan GTM dari perumusan desain program hingga persiapan dalam setiap tahapan proses gerakan ini. Pada saat proses seleksi dan rekrutmen Penggerak Tanimbar angkatan I pun pihak eksekutif IM turut serta menjadi assesor.

5. Darimanakah sumber pendanaan gerakan ini?

Sumber utama pendanaan gerakan ini berasal dari dana daerah (APBD).

6. Apakah program GTM ini seperti program SM3T atau program lainnya?

Gerakan Tanimbar Mengajar merupakan program yang merekrut para pemuda untuk mengajar selama satu tahun di desa yang tersebar di MTB. Selain itu peta memiliki peran untuk melakukan pengabdian masyarakat serta advokasi masyarakat untuk peduli pendidikan. Gerakan ini merupakan gerakan independen yang bermitra dengan Dinas Pendidikan MTB.

7. Di daerah mana saja wilayah kegiatan GTM?

Wilayah kegiatan Tanimbar Mengajar ini berpusat di kabupaten Maluku Tenggara Barat. Para Penggerak tanimbar ini ditempatkan di berbagai sekolah dan desa. Pada Peta angkatan I terdapat, 10 kecamatan yang terdiri dari 24 sekolah model dan 5 sekolah penempatan Pengajar Muda. Yaitu, 10 sekolah dasar, 5 sekolah dasar PM, 10 SMP, 3 SMA dan 1 SMK.

Jadi Penggerak

Berani turun langsung
membangun mimpi Anak Tanimbar
selama 1 tahun.

Jadi Relawan

Bergabung menjadi bagian
dalam upaya memajukan
pendidikan Maluku Tenggara Barat.

Jadi Donatur

Dukung program kami untuk
pendidikan Maluku Tenggara Barat
yang lebih baik.